Tips Mengobati Luka Memar Dan Bengkak Karena Cubitan

Posted on

Tips Mengobati Luka Memar Dan Bengkak Karena Cubitan – Inilah metode simpel menghilangkan memar yang ada di tubuh. Kamu pasti pernah bukan memiliki luka memar yang ada di tubuhmu. Memar ini bisa muncul karena bermacam-macam hal. Malahan, kadang kita enggak sadar jika punya memar di tubuh.

Apabila memar ini ada di bagian tubuh yang cukup aktif, seperti tangan atau kaki, pasti akan mengganggu aktivitas. Selain rasa sakit yang membuat tidak nyaman, luka memar yang tampak berwarna kebiru-biruan mungkin juga bisa mengganggu penampilanmu.

Memar yakni terperangkapnya darah di bawah kulit karena rusaknya pembuluh darah. Darah yang terperangkat akan diserap kembali oleh tubuh jadi akan meninggalkan bekas kebiruan atau berwarna ungu yang ada pada kulit.

Memar biasanya disebabkan oleh benturan benda yang cukup keras, dampak terjatuh, kesleo maupun sesudah melakukan olahraga yang cukup berat. Enggak cuma memunculkan perubahan warna pada kulit, luka memar juga dapat terasa nyeri.

Memar lazimnya akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 2-3 minggu, tetapi sebagian kasus memar dapat bertahan lebih lama. Namun kau enggak perlu khawatir sebab ada beberapa pengobatan rumahan yang dapat mempercepat penyembuhan dan memudarkan warna memar.

Berikut ini adalah sebagian metode menghilangkan bekas memar yang dapat kau coba sendiri dirumah.

1. Kompres es

Dengan mengompres es sesegera mungkin pada tempat yang terkena cedera dapat menolong mendinginkan pembuluh darah lho. Mengompres luka memar dengan es juga dapat mengurangi darah yang masih terjebak dalam luka memar.

Cara mengobati luka memar ini dapat mencegah memar kelihatan jelas dan mengurangi pembengkakan.

Pakai es yang sudah dibalut dengan kain atau kamu juga bisa memakai handuk, kemudian letakkan pada bagian yang cedera selama 10mnt. Tunggu 20 menit untuk mengulanginya lagi.

2. Posisikan lebih tinggi – Cara menghilangkan bekas memar

Posisikan bagian tubuh yang terdapat luka memar berasa lebih tinggi dari dada.

Misalnya, kalau memar ada di kaki, jadi ketika duduk atau tidur, sangga kaki dengan memakai bantal.

Cara yang diaplikasikan untuk menghilangkan memar satu ini juga bisa membantumu meresakan rasa sakit dan juga mengeluarkan cairan yang berada pada bagian yang terdapat memar sehingga membantu metode penyembuhan menjadi lebih cepat.

3. Kompres air hangat

Sesudah beberapa hari mengompres dengan es, cobalah mengompres dengan air hangat. Air yang hangar juga bisa membantu membersihkan darah yang masih terperangkap pada memar.

Tidak hanya itu, metode yang dipakai untuk menghilangkan memar satu ini juga dapat membantu melonggarkan otot yang sebelumnya tegang dan membantu meredakan rasa sakit, lho.

Kamu bisa kompres air hangat sesudah memar berlangsung 2 hari.

4. Memakai perban – Cara menghilangkan bekas memar

Apakah kau pernah mengamati para pemain sepak bola yang mengalami cidera kemudian diperban?

Nah, dengan penggunaan perban elastis sebagai salah satu cara untuk mengobati luka memar juga bisa mengurangi keparahan, rasa sakit, dan bahkan pembengkakan.

Oleh karena itu, kamu bisa mencoba membalut area yang memar dengan perban elastis.

5. Mengoleskan Arnica Topikal

Arnica ialah obat herbal yang banyak diterapkan untuk nyeri dan memar.

Dalam arnica, terkandung senyawa yang punya sifat antiperadangan sehingga membantu mengatasi memar.

Beberapa penelitian malah menemukan bila arnica berpotensi jadi obat memar yang tepat sasaran.

Sebuah studi menyatakan kalau mengoleskan salep arnica 20% pada kulit bisa mempercepat waktu penyembuhan memar jika diperbandingkan dengan palasebo.

Ikuti sesuai petunjuk pemakaian dan berhenti kalau terjadi sesuatu misalnya seperti ruam dan gatal.

Demikian postingan Tips Mengobati Luka Memar Dan Bengkak Karena Cubitan, Semoga bermanfaat untuk kita semua, Terimakasih

Sumber Artikel : Caraprofesor.com